One Healthy Day, Sehari Lebih Sehat besama Muda Mengajar

Setiap 6 bulan sekali selain kegiatan rutin mingguan Muda Mengajar, komunitas ini juga biasa mengadakan acara insidental. Setelah sebelumnya ada acara outbound untuk adik-adik asuhan yang diadakan pada bulan September 2015 dan perayaan ulang tahun komunitas pada bulan May 2016 lalu, di bulan Agustus ini ada agenda pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan bagi adik-adik yang dikenal dengan nama One Healthy Day.

 Poster Publikasi Acara

 Acara One Healthy Day (OHD) memiliki 4 agenda utama: Pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, praktik mencuci tangan, praktik menggosok gigi dan games. Pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dibantu oleh Kak Izzah dan Kak Ade (Farlyzhar Yusuf), dokter yang juga menjadi relawan di komunitas Muda Mengajar. Agenda utamanya adalah simulasi cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar, tapi juga diselingi games bahasa Inggris bertemakan kesehatan.

Mencuci tangan itu mudah dan menyenangkan

Rencana awalnya kegiatan ini akan dilakukan 3 kali di masing-masing tempat belajar, sehubungan dengan lokasi ajar yang tersebar di 3 tempat: daerah Kampung Buton, Sepinggan dan Ring Road. Namun karena siswa di Sepinggan hanya sedikit (10 orang) akhirnya diputuskan untuk digabungkan penyelenggaraannya dengan Al-Kahfi Ring Road.

Kegiatan OHD yang pertama sukses diadakan di tempat mengajar di Kampung Buton pada tanggal 7 Agustus lalu. Sayangnya Saya absen pada hari tersebut karena ada kegiatan lain. Berikut beberapa dokumentasi dari acara tersebut dapat dilihat di akun Instagram @MudaMengajar .

Mari biasakan menyikat gigi rutin 3 kali sehari

Pada hari-H acara One Healthy Day jilid 2 pada tanggal 14 Agustus di Yayasan Al-Kahfi Ring Road, Saya diberi amanah untuk menjemput dokter yang nantinya akan memeriksa adik-adik. Ialah dokter Puput, yang juga merupakan teman Kak Ade, yang akan membantu dalam pemeriksaan kesehatan. Kebetulan dokter internship yang masing single & available asal Pontianak ini kost di dekat kostan Saya di Balikpapan. Lokasinya hampir bersebelahan dengan RS Pertamina Balikpapan, tempat praktiknya.

Ini merupakan kali pertama Saya ke Yayasan Al-Kahfi. Berkat petunjuk dari Adam (Adam Damara Chandra) yang diberikan kemarin malamnya, kami berhasil sampai tanpa menyasar di tempat acara. Ternyata Haris (M. Harist Sampurna), Ka Aryo (Aryo Wahyu) , Ka Anna (Anna Rahmaniyah), Ka Sari (Nurhamilasari Anwar) dan Ka Dhana (Muhammad Rachmadhana) sudah tiba duluan dan membantu mengemasi makanan untuk dibagikan ke adik-adik nanti. Ka Dibilank (Ikhsan Wahyu Nugraha) telah datang juga dengan menjemput adik-adik dari Sepinggan.

Setelah penataan meja, alat-alat dan persiapan logistik, acara dimulai pukul 8.30 WITA. Pembukaan yang menarik dari MC Mas Ikhsan dan senam-senam pemanasan yang lucu membuat adik-adik lebih bersemangat dalam mengikuti rangkaian acara. Adik-adik dikenalkan dengan dua orang bintang tamu yang akan mengisi banyak dalam acara ini: dr. Ade dan dr. Puput.

 Pengisi acara. Kiri dr. Ade, Kanan dr. Puput

Terlebih dahulu adik-adik ditanya umur, diukur tinggi badan dan ditimbang berat badannya. Kemudian oleh kedua dokter adik-adik diperiksa mata, lidah, telinga dan detak jantungnya. Adik-adik terlihat sangat antusias melihat para dokter yang beraksi dengan menggunakan senter periksa dan stetoskopnya. Untungnya adik-adik mudah diarahkan untuk berbaris rapi dan mengantri.

 Cek Gigi

 

Periksa Telinga

 

Ukur berat badan

Hasil pemeriksaan beragam. Terdapat beberapa adik yang giginya berlubang karena belum rajin menggosok gigi, ada yang kuku jari tangannya hitam, dan telinganya belum bersih. Namun aja juga yang giginya benar-benar rata dan rapi tanpa lubang dan menjaga kebersihan dengan baik.

Ada dua adik yang menolak untuk diperiksa. Kami harus membujuk dan mempersuasinya dengan berbagai cara hingga ia menurut untuk dicek oleh dokter. Hasil pemeriksaaan ini rencananya akan diberikan kepada orang tua atau pengurus di yayasan tempat adik-adik belajar agar bisa dipantau.

Sembari menunggu pemeriksaan, adik-adik yang sudah dapat giliran atau yang masih menunggu bermain games di ruang tengah. Adik-adik bersama kakak-kakak dengan seru bemain beberapa permainan seperti permainan jaman dulu Do-Mi-Ka-Do, Ping-Pong-Pang hingga permainan ice breaking seperti Zip Zap. Kamipun bermain tebak-tebakan dan sempat menonton cuplikan film. Saya lebih banyak terlibat dalam permainan, sehingga tidak terlalu memperhatikan proses pemeriksaan adik-adik oleh dokter.

 

 Kak Rendy dan adik-adik, bak diskon di mall dan ibu-ibu baru dapat gaji dari suaminya

Lihat tatapan matanya Dhika (o.o)

Pasien terakhir diperiksa dan kedua dokter beralih kembali ke ruang tengah.  Sesi selanjutnya adalah penjelasan dan simulasi cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar. Sesi ini dipandu secara atraktif oleh Kak Ikhsan ‘Dibilank’ (Ikhsan Wahyu Nugraha). Dengan dibantu tayangan video interaktif dan lagu yang menyenangkan, Kak Ade menjelaskan pentingnya hidup sehat, menyikat gigi dan mencuci tangan sebelum makan.

 Dokter menjelaskan, 

 

 Adik-adik tertarik memperhatikan

Kak Ade dan Kak Puput mensimulasikan cara menggosok gigi dengan menggunakan model gigi dan gusi. Mereka juga mengadakan permainan interaktif dan kuis-kuis singkat untuk membantu adik-adik mengingat urutan menyikatnya. Ketika dicontohkan 9 langkah mencui tangan, adik adik tak kalah antusias. Terlihat beberapa adik yang lebih tua membantu mencontohkan dan menerangkan kepada adik-adik yang masih kecil.

 Cuci tangan

Antusias Menjawab Pertanyaan

Sesi terakhir adalah games. Adik-adik dibagi menjadi 6 kelompok yang masing-masing dibimbing oleh seorang kakak pengajar. Tim Saya terdiri dari Jamilah, Tia, Rizky dan Syawal dari Al-Kahfi serta Dani (Ambon) dari Sepinggan. Masing-masing tim diminta membuat jargonnya masing-masing. Jargon tim Kami seperti biasa, singkat padat dan jelas:

“Go! Fight! Win!”

Kami memainkan permainan jumble word, sebuah permainan menyusun kata dalam bahasa Inggris dari kumpulan huruf acak. Kata-kata yang dipilih adalah kata-kata yang berhubungan dengan kesehatan seperti: stomachache, dentist, blood dan ambulance. Satu hal lain yang Saya suka dari Muda Mengajar adalah kakak-kakaknya pandai membuat aktivitas apapun menjadi cara yang menyenangkan bagi adik-adik belajar bahasa Inggris.

Permainan Susun Kata 

Juara 1 diraih oleh timnya Kak Harist (M. Harist Sampurna). Adik-adik sangat cepat dalam mengenali dan menyusun kata. Ada bingkisan berupa makanan ringan bagi juara 1, 2 dan 3. Setiap kelompok yang juara diminta untuk sharing dengan kelompok lainnya yang belum menang. Ya, adik-adik diajarkan untuk berbagi dan perhatian terhadap orang lain. Akhirnya semua orang dapat menikmati cemilan dengan ceria.

Juara 1 dengan jargon terpendek: “Jargon?? Hhmm…” (sambil berpose seperti di atas)

 

Kegiatan OHD hari ini ditutup dengan doa’ dan foto bersama. Sebelum pulang adik-adik dibekali dengan sebutir telur rebus dan bubur kacang hijau yang telah disiapkan sebelumnya. Selamat Adam atas kesuksesannya menjadi project manager di proyek OHD ini.  Terima kasih atas kerja sama dan kontribusi kakak-kakak Muda Mengajar dalam menyukseskan acara ini.

 One Healthy Day! Thank you Team!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *